Ads 468x60px

Service, Pengetikan, Print, Scan, Burning, Desain Grafis, E-mail, Penjualan Aksesoris Komputer.

Rabu, 22 Agustus 2012

Printer CANON IP3680, Cepat, Berkualitas dan Praktis

Mungkin sahABAt sekalian ada yang bertanya-tanya, kenapa Printer Canon IP3680 lebih mahal dibandingkan printer Inkjet IP series yang lainnya bahkan melebihi harga Printer MP series yang ada scannernya?
Sebenarnya banyak printer Canon IP series di atas IP3680 ini, bahkan yang serupa pun ada yaitu IP4680. Akan tetapi, yang membuat sayah tertarik untuk mengulasnya adalah karena spesifikasinya yang tidak jauh berbeda dengan seri di bawahnya, namun terdapat perbedaan harga yang signifikan.

Sayah akan menjelaskan beberapa kelebihan dari Canon IP3680 ini, tentu saja untuk menjawab pertanyaan di atas dan kaitanya dengan judul pada artikel ini. Seperti printer-printer Inkjet pada umumnya, Canon Pixma iP3680 merupakan printer inkjet warna yang mampu mencetak teks dan foto. Namun yang membedakannya adalah pada kecepatan dan kualitas cetak foto yang brilian dan berkualitas tinggi.
Canon Pixma IP3680 memiliki kecepatan ppm yang relatif sama dengan printer-printer IP series di bawahnya, yaitu untuk mencetak dokumen monokrom mode draft memiliki kecepatan 26 ppm dan mencetak dokumen berwarna mode draft dengan kecepatan 17 ppm.

"Lho!? katanya kecepatanya lebih tinggi? tapi kok relatif sama...?"

Pertanyaan ini yang pertama kali ada di benak sayah ketika melihat spesifikasi dari printer ini. Mungkin para sahABAt juga akan bertanya demikian.
Sebelum sayah melanjutkan penjelasannya, agar tidak terjadi kesalahpahaman, kerusuhan dan kebingungan, sahABAt harus mengetahui terlebih dahulu apa itu ppm? 
ppm adalah satuan kecepatan cetak pada printer yang berarti page per minutes atau bahasa Indonesianya halaman per menit yaitu menghitung banyaknya lembar kertas yang bisa dicetak printer dalam waktu satu menit, sebagai contoh : 26 ppm berarti 26 lembar per menit dan 17 ppm berarti 17 lembar per menit.
Seminggu   kemudian.... Ternyata setelah  diselidiki dan diteliti secara  membabi-buta,  sayah menemukan satuan kecepatan yang lain yaitu ipm. Oh... ternyata, ipm ini adalah singkatan dari image per minutes, dalam bahasa manusia berarti gambar per menit. Pada dasarnya prinsip perhitungan ipm ini sama dengan ppm yaitu menghitung banyaknya lembar kertas yang dapat dicetak printer dalam waktu satu menit, namun yang membedakan adalah yang dicetak di sini berupa gambar/foto, sedangkan dalam satuan ppm yang dicetak berupa dokumen mode draft atau dokumen berisi teks (berarti yang dimaksud cepat disini adalah pada saat mencetak gambar). Canon IP3680 memiliki kecepatan 7.3 ipm saat mencetak gambar grayscale/hitam dan 5.5 ipm saat mencetak gambar berwarna. Angka ini termasuk lebih baik daripada kecepatan cetak printer-printer lain sekelasnya yang rata-rata hanya sampai 7 ipm  dan 4.7 ipm. Walaupun perbedaanya hanya 0.3 dan 0.8 tapi tetap saja lebih cepat. Perbedaan kecepatan ini akan semakin terasa jika sahABAt mencetak dalam jumlah banyak, coba bayangkan dalam waktu 4 menit Canon IP3680 ini akan lebih unggul 1 kertas (gambar grayscale) dan 3 kertas (gambar berwarna), berarti dalam waktu 8 menit perbedaanya akan menjadi 2 kertas dan 6 kertas, begitu seterusnya.  Bahkan saking cepatnya hanya dengan dibayangkan saja sahABAt sudah dapat merasakan kecepatannya, apalagi aslinya? Itulah sebabnya kenapa printer ini dikatakan cepat. Oleh karena itu printer ini lebih cocok dan efisien jika digunakan untuk usaha, daripada dipakai untuk rumahan.

Well... Setelah sahABAt mengetahui kecepatanya, sekarang sayah akan menjelaskan kenapa printer ini dikatakan berkualitas. Walaupun cepat, bukan berarti kualitas hasil cetaknya menjadi kurang maksimal, justru gambar hasil cetakanya malah lebih baik. Itulah keunggulan utama printer ini, cepat dan menghasilkan gambar yang berkualitas. Betapa tidak, printer ini memiliki resolusi hingga 9600 (horizontal) x 2400 (vertikal) dpi, printer-printer standar hanya memiliki resolusi sekitar 4800 (horizontal) x 1200 (vertikal) dpi. Bagi sahABAt yang belum tahu apa itu dpi dapat langsung search di google, silakan searching dulu.

Bagi sahABAt yang malas search di google akan sayah beri tahu langsung. dpi yaitu dots per inch, dot di sini bukan yang sering dipakai bayi, tapi dot di sini adalah titik. Artinya 9600 x 2400 dpi adalah dalam 1 inci (horizontal/dari kiri ke kanan) terdapat 9600 titik dan dalam 1 inci (vertikal/dari atas ke bawah) terdapat 2400 titik. Akan sayah gambarkan lebih jelas lagi dalam bentuk cm persegi (cm2).

1 inci = 2,54 cm

untuk mengukur luas persegi dalam cm, didapatkan rumus

2,54(horizontal) x 2,54(vertikal) = 6,45 cm2 / 1 inci2

lalu cari jumlah titiknya berdasarkan pernyataan diatas, maka 

9600(horizontal) x 2400(vertikal) = 23.040.000 titik

Jadi, dalam luas persegi 6,45 cm terdapat 23.040.000 titik. Jika ingin membandingkan kualitasnya secara manual,  sahABAt dapat langsung mencobanya dengan membuat persegi seluas 6,45 cm dengan bolpoin lalu buat 23 juta titik di dalam persegi itu, silakan dicoba (^_^).

Tingginya kualitas gambar yang dihasilkan ini dipengaruhi oleh cartridgenya yang menggunakan tipe PGI-820 dan CLI-821. Dua tipe cartridge di sini bukan berarti 2 tabung cartridge tetapi menggunakan 5 tabung cartridge sekaligus. Cartridge tipe PGI-820 menghasilkan warna pure hitam (Bk) dan CLI-821 sendiri menghasilkan kombinasi warna yang terdiri dari 4 buah tabung cartridge (Black/hitam, Cyan/biru, Magenta/merah, Yellow/kuning). Di samping hasil cetakanya yang baik, printer ini juga dipersenjatai dengan sistem ChromaLife100+ yang berbasis tinta dan kertas foto Canon, sehingga kualitas gambar foto mampu bertahan hingga 30 tahun. Lebih mantap lagi bila disimpan dalam album, ketahanan kualitas fotonya dapat diperpanjang hingga 300 tahun. Dari pernyataan tersebut sudah dapat disimpulkan bahwa printer ini adalah printer berkualitas.

Well lagi... Sayah akan mulai menjelaskan kenapa printer ini dikatakan praktis. Sebelumnya, sayah akan menjelaskan sedikit tentang bodi printer ini. Printer Canon iP3680 ini memiliki desain persegi panjang dan berwarna hitam, namun ada juga yang berwarna putih, tentu saja jika sahABAt niat mengecatnya. Ukurannya 43.1 x 29.6 x 15.3 cm dengan berat 5.6 kg. Dirancang dengan bentuk sudut dan tepi membulat sehingga menambah cantik tampilannya. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa printer ini tidak praktis. Namun, Canon Pixma iP3680 memiliki 2 cara atau tempat untuk memasukkan kertas, yaitu melalui bagian atas printer dan bagian bawah printer yang juga terdapat wadah kertas untuk mampu menampung 100 lembar kertas. Fasilitas inilah yang membuat printer ini dikatakan sebagai printer yang praktis. Dengan adanya fasilitas ini, sahABAt dapat menyimpan kertas A4 di bagian bawah printer dan F4/legal di bagian atas, sehingga tidak perlu lagi mengganti-ganti kertas jika akan mencetak dengan ukuran kertas yang berbeda.


Well sekali lagi... Daripada sahABAt hanya membayangkan kecepatanya, sering mengganti-ganti kertas, dan harus membuat 23 juta titik untuk menghasilkan gambar berkualitas, bukankah lebih baik mengeluarkan kocek lebih untuk membeli printer Canon IP3680 ini?


6 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih ya boz atas infonya. membantu saya banget nih

Anonim mengatakan...

Jempol..., saya punya hampir kujual. Akhirnya gak jadi. Trims

Unknown mengatakan...

bisa di inpus gak??? tlng di jawab all

Rental Mobil Kediri | Sewa Mobil Kediri | HeroRentcarKediri.Com mengatakan...

@slamet riyadi. Bisa diinfus bos. Kemarin bos saya yang namanya juga Slamet Riyadi juga beli. Priter ini seperti gabungan antara canon dan epson. Mantab

Unknown mengatakan...

ulasannya agak kocak, namun informasinya detail banget.....makasih sob. ini yg saya cari, kebetulan sy lagi dapat order kartu nama caleg buanyak banget......tapi kerjaan kantor hehe

ekko mengatakan...

sampai sekarang printernya masih awet enggak sob?? rencana mau ikutan beli printer kayak itu.

Posting Komentar

 

Pembayaran

Ekspedisi