Ads 468x60px

Service, Pengetikan, Print, Scan, Burning, Desain Grafis, E-mail, Penjualan Aksesoris Komputer.

Senin, 27 Agustus 2012

Mengenali Printer Canon Pixma dari Inisialnya

Printer Inkjet adalah printer yang umum digunakan oleh banyak umat manusia, dari mulai rumahan sampai kantoran. Canon sendiri memiliki beberapa seri Printer Inkjet yaitu S series, I series, PIXMA, dan SELPHY. Seri yang paling banyak jenisnya dan paling banyak digunakan adalah PIXMA.
Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak tahu, tak tahu maka tertipu. Jadi agar tidak tertipu sahABAt harus kenal. Agar kenal dengan jenis-jenis Printer Canon PIXMA, sahABAt tidak perlu berjabat tangan atau bertemu langsung dengan printernya, tahu perbedaanya saja sudah sangat berguna untuk sahABAt. Canon memproduksi kurang lebih 140 jenis Printer Inkjet untuk seri PIXMA. Sayah sendiri tidak hafal 140 printer itu, tapi secara garis besar sayah tahu seperti apa printer yang dimaksud hanya dari namanya. Misalnya, 

Mbak2  : "Mas, tahu canon IX5000 nggak?"
Sayah   : "Oh tahu, yang bisa ngeprint A3 itu kan?"
Mbak2  : "Wah, masnya hebat, saya aja nggak tahu makanya nanya."
Sayah   : "Kebetulan aja sayah tahu mbak, makanya jawab."

Kalaupun ada 140 mbak2 bertanya seperti itu dengan jenis printer yang berbeda, pasti akan sayah jawab "tahu". Tahu tapi tidak sok tahu lho, bagi sahABAt yang tidak percaya coba search google kata kunci "canon IX5000". Dengan menyimak artikel ini, sahABAt juga bisa tahu 140 jenis printer inkjet PIXMA ini, ingin tahu caranya?

Pertama-tama, sayah melakukan riset pada latar belakang canon inkjet PIXMA ini, mulai dari fitur hingga speknya. Kemudian didapatlah kesimpulan dengan menggaris bawahi kata fungsi. Dilihat dari fungsinya, sebenarnya secara universal Canon PIXMA ini hanya terbagi menjadi 2 jenis yaitu Printer  yang memiliki fungsi tunggal, dan printer yang memiliki fungsi ganda/multifungsi. SahABAt harus mengetahui ini terlebih dahulu untuk menuju langkah selanjutnya.

Kedua, sahABAt bisa tahu 140 jenis printer PIXMA ini hanya dengan mengetahui 7 kata yang merupakan sebuah inisial, seperti yang terlihat pada gambar di atas (E, IP, MG, MP, MX, IX, PRO), sebenarnya ada 1 lagi yaitu "mini", sayah akan bahas ini di akhir artikel. SahABAt harus hafal inisial ini terlebih dahulu untuk menuju langkah selanjutnya.

Ketiga, kelompokan ketujuh inisial itu menurut fungsinya.
- Printer fungsi tunggal : E, IP, IX, PRO
- Printer fungsi ganda   : MG, MP, MX
SahABAt harus tahu pengelompokan ini dulu. Caranya mudah, tinggal ingat saja huruf "M" yang berasal dari kata "Multi". Jadi, selain yang inisial huruf depanya "M" adalah termasuk printer fungsi tunggal. SahABAt harus tahu pengelompokan ini terlebih dulu untuk menuju langkah selanjutnya.

Keempat, sahABAt coba pahami kembali langkah 1, 2 dan 3 di atas dengan membacanya ulang berkali-kali. Setelah itu, SahABAt harus menunggu sayah bikin kopi untuk menuju langkah selanjutnya.
Kelima, sahABAt harus tahu dulu fungsi dasar dari printer. Fungsi dasar printer adalah mencetak gambar atau teks pada media tertentu. Fungsi lainnya yaitu scan, copy dan fax. Printer fungsi tunggal hanya memiliki satu fungsi yaitu mencetak saja. Sedangkan printer fungsi ganda selain untuk mencetak juga memiliki fungsi scan, copy atau fax.

Keenam,  pada setiap printer PIXMA terdapat beberapa digit angka setelah inisial huruf, semakin besar angkanya maka semakin canggih juga printernya.

Ketujuh, untuk membedakan jenis printer multifungsi kata kuncinya adalah, scan dan fax.
MP = scan
MG = scan
MX = scan, fax

Kedelapan, untuk membedakan jenis printer yang memiliki fungsi tunggal sayah membaginya menjadi 2 jenis berdasarkan ukuran kertas, yaitu printer A4*  dan printer A3. Printer yang dapat mencetak kertas A3 dari ketujuh inisial nama hanya ada dua yaitu IX dan PRO, selain dua inisial itu berarti 5 inisial lainnya termasuk printer A4*. 

Kesembilan, untuk membedakan printer fungsi tunggal A4* dapat dilihat dari ke efisienan penggunaan tintanya. PIXMA inisial E (efisien)memiliki kelebihan pada penggunaan tintanya yang hemat dan memiliki cartridge besar, sedangkan IP tidak.

Kesepuluh, untuk membedakan printer fungsi tunggal A3 dapat diketahui dari banyaknya jumlah cartridge. Inisial nama PRO memiliki cartridge 8 sampai 10 buah sedangkan IX hanya memiliki 5 buah cartridge saja.

Sebenarnya sahABAt tidak perlu menyimak langkah 1 sampai 10 di atas untuk mengetahui caranya. Tapi sayah ucapkan terima kasih bagi sahABAt yang sudah menyimaknya, malahan sampai rela menunggu sayah bikin kopi (^_^).


Kata Kunci : Print, Scan, Fax, A4*, A3, Efisien, Cartridge 8+
 "Tujuh kata kunci untuk tujuh inisial, sayah adil kan?"

Berdasarkan inisial nama dan kata kuncinya, didapatlah hasil seperti ini :
IP     :   Print, A4*.
E      :   Print, A4*, Efisien.
MP   :   Print, A4*, Scan.
MG   :  Print, A4*, Scan.
MX   :  Print, A4*, Scan, Fax.
IX     :  Print, A3.
PRO  :  Print, A3, Cartridge 8+.

Untuk PIXMA inisial "mini" cuma ada 1 jenis printer, itu pun kecil. Udah cuma 1 ekor, kecil pula, jadi anggap saja sayah lupa membahasnya.

Demikianlah artikel sayah yang sedikit membingungkan ini, semoga dengan membaca artikel ini sahABAt dapat menjawab pertanyaan dari Mbak-mbak di atas.
      

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pembayaran

Ekspedisi